Welcome to My Blog

Check List yang harus di siapkan sebelum Melahirkan

Kamis, 28 Maret 20130 komentar

Tak terasa usia kehamilanku udah 7 bulan aja, rasanya beda banget ma kehamilan yang pertama. dulu kesannya lama banget, dan saat itu aku benci banget yang namanya hari sabtu minggu kenapa??? karna sabtu ma minggu kerja libur, dan suami juga ga di rumah. :D

Tapi ini beda banget di kehamilan yang kedua, mungkin karena udah ada mba keisha...jadi hari yang di tunggu justru hari libur, bisa main-main ma mba Keisha (anak pertamaku).

Bedanya lagi, dulu sebelum 7 bulan aja akunya udah ngelist apa aj yang mo di siapain buat si dedek bayi, lha ini belom terpikir juga mo nyiapain apa?? sampai si ayah selalu nanya 
" Dedeknya mau di beliin apa aja buar persiapan kelahirannya???"
Duhhhh....napa nyantai sekali, bukan ga sayang ya, aku sayang banget koq...cuma ga tau kenapa mikirnya tuh, banyak perlengkapan punya mba keisha yang masih sangat bagus. karna cuma di pakai beberapa bulan aja, selepas itu di laundry dan di pak jadi masih rapi. 

Tapi walaupun begitu tetep ya nyiapain list yang di butuhkan saat lahiran ke RS nanti. Tiap orang beda ya...ini siy list berdasar pengalaman ku pada lahiran anak pertama.

A. KEPERLUAN IBU
  • Baju : Dulu mikirnya setelah melahirkan tubuh akan kembali normal, ternyata baju-baju sebelum hamil tetep ga muat di pakai, karena di beberapa bagian yang "membengkak" :D. Alhasil kemeja suami jadi korban karna butuh baju yang ada kancing depannya untuk memudahkan menyusui. 
  • Peralatan Mandi : Ini peralatan wajib yaa...karna habis melahirkan yang mengeluarkan keringat, pasti lengket dan butuh mandi biar badan segar.
  • Peralatan Make up : Peralatan make up ini bukan yang sempurna seperti mo pesta ya, paling ga bedak,lipstik, hand body dan sisir. Biar setelah mandi masih bisa kelihatan segar ga pucat. Ada orang jenguk pun ga kelihatan seperti orang sakit parah. :D
  • Sendal : Saya lebih prefer pakai sendal jepit, nyaman aj saat harus bolak balik dari ruang perawatan ke Ruang bayi untuk Menyusui. Kebetulan dulu saya lahiran di RS yang bayinya di pisah dengan ibunya, tapi min setiap 2 jam selalu ku sempatkan untuk menyusuinya. Alasan nya RS siy...biar bayi aman, karna lagi marak-marak nya bayi hilang di curi saat perawatan.
  • Perlengkapan Menyusui : Dulu ku pikir asi tuh keluar beberapa hari setelah melahirkan, ternyata tidak berlaku untukku. jam 3 sore lahiran malem tuh baju dah basah semua. kata perawatnya ASI nya dah mulai keluar. jadi harus segera di susu kan. trus lupa bawa breast pad, duhhhh....semalaman baju basah aja. pagi2 sekali suami langsung beli breast pad.
  • Pengisi Waktu Luang + Gadget : Rasanya bosen sekali niy klo lagi di rawat, saya SC ya lahirannya jadi di rawat sekitar 5 hari. kayaknya butuh banget sesuatu untuk pengisi waktu luang, yang paling mudah ya emang gadget...konek internet pastinya. selain itu gadget di butuhkan juga lhoo untuk mendokumentasi kehahiran anak kita. 
nb : Bagi yang melahirkan SC butuh juga Gurita, dulu karna tidak tahu mo SC yang di bawa malah korset dan itu tidak boleh di pakai karna ada luka di perut.

Trus juga bawa makanan atau cemilan ya, ternyata membantu banget saat kita udah bukaan gitu. saya dulu siy bawa Pocari + susu UHT + biskuit.


B. KEPERLUAN BAYI
    
Kebetulan RS tempat aku bersalin, baju dll segala keperluan si bayi di pinjami punya RS. tapi kita tetep perlu juga untuk baju persiapan saat pulang. dari RS dapat bingkisan baju ma bedong juga, tapi mikirnya itu baru dan mungkin udah di pak di tas lama. kayaknya koq lebih yakin bawa sendiri, selain bahannya yang lebih adem tentunya juga kebersihannya terjamin. kira-kira seperti ini :
1. Baju bayi – 2 pcs
2. Gurita bayi - 2 pcs
3. Diapers (new born diapers) – 2 pcs
4. Topi bayi – 1 pcs
5. Sarung tangan bayi – 1 pcs
6. Kaos kaki bayi – 1 pcs
7. Bedong bayi – 1 pcs
8. Selimut bayi / Sleeping bag – 1 pcs
9.Gendongan Bayi jika diperlukan

Untuk list keperluan bayi yang diperlukan di rumah sudah pernah saya tulis di blog ini juga. Link nya








Share this article :

 
Copyright © 2013. Julia Laksono - All Rights Reserved
Powered by Blogger